Wednesday, May 30, 2012

How to SEO keyword "MMT Batch 2 GroupM" dan "GroupM Interaction Indonesia"

Salam gini hari teman-teman :D

Gini hari, cacing akan share sejumlah rahasia-rahasia yang diajarkan oleh tim pengajar GroupM Interaction Indonesia agar bisa menguasai salah satu lahan iklan paling mumpuni di platform digital saat ini, yaitu mbah gugel

Oh iya sebelumnya, GroupM Interaction Indonesia merupakan salah satu divisi di GroupM yang mengurusi segala bentuk campaign digital secara terintegrasi. Kenapa digital memiliki unit sendiri? ahaaa, di lain post akan cacing ulik dan ulas =D

Baiklaaah kita mulai *sfx: Jengjeeeeng

Sebagai salah satu mesin pencari terbesar di dunia digital, mbah gugel saat ini sudah bukan hanya berperan sebagai mesin pencari semata, tetapi juga berperan sebagai "pemberi solusi" dari setiap permasalahan (baca: kata kunci) yang diketikkan di jendelanya.

Sebagai contoh, ketika ada seseorang yang mengalami rambut rontok dan tidak menemukan solusi, beberapa teman kemudian menyarankan "tanya mbah gugel aja". Ketika diketikkan kata kunci "rambut rontok" maka diharapkan situs-situs yang keluar merupakan jawaban dari permasalahan orang tersebut.

Naah, hal ini menjadi penting, ketika teman-teman memiliki produk yang (kita anggap saja) bisa menyembuhkan kerontokan dan ingin memasarkannya, bisa dengan menggunakan mbah gugel. Bayangkan apabila link dari produk teman-teman ternyata muncul di posisi paling atas page pertama gugel, berapa kemungkinan link tersebut akan di-klik dan dibaca? nah itulah yang disebut dengan SEO (Search Engine Optimization). Bayar? tentu tidaaak... 100% gratis..tis, hanya butuh usaha lebih dan niat yang tulus demi kemajuan :P

Berikut rahasianya kami jabarkan...

  1. Buat nama blog yang berkaitan dengan keyword yang diinginkan, pada kasus kami, kami membuat judul "MMT Batch 2 GroupM feat GroupM Interaction Indonesia"
  2. Masukkan keyword tersebut kedalam metatag, ini sangat penting dikarenakan google melakukan crawl pada keyword tersebut, pada kasus kami, kami membuat metatag di Option yaitu "MMT Batch 2 GroupM, GroupM Interaction Indonesia"
  3. Masukkan posting yang mengandung kata-kata keyword dalam kalimat-kalimat yang ingin disampaikan, pada kasus kami, kami banyak menyelipkan kata-kata "MMT Batch 2 GroupM" blablabla atau "GroupM Interaction Indonesia" blablabla.
  4. Sebelum posting di publish, setting pada setiap post pada labels dan search description, pada kasus kami, kami memasukkan keyword kami "MMT Batch 2 GroupM" dan "GroupM Interaction Indonesia" pada labels dan search description.
  5. Setelah posting di publish, lalukan share sebanyak-banyaknya, backlink dari situs yang berkaitan, setting pada webmaster tools, setting pada metatag di coding HTML, dll.

Yap! sekian dulu pembahasan tentang SEO, semoga bisa dipraktekkan dan membawa kebaikan seluruh umat, mhihihii.... apabila ada pertanyaan, pernyataan, atau cacian silahkan di komen ya :)

pls leave your post wisely, thank you..


Garis hidup

seekor rusa dan kuda bersama merumput
mengisi perut hari ini, jumput demi jumput
ketika angin mendera lapangan berkabut
hidup yang tertutup kemelut ...
   kuda dan rusa pun tetiba beringsut
   menjadi takut, ciut...
   rusa mencari penutup seperti selimut,
   agar tersembunyi dari maut.
kuda terus berlari dengan bunyi meletup
bertemankan angin semilir lembut
mencari tempat baru untuk merumput,
tanpa rusa yang dulu ikut.


Seperti rusa dan kuda diatas, mungkin sebentar lagi kami peserta MMT batch 2 GroupM ini akan menempati padang rumput masing-masing. Baru dan segar, tanpa kawan yang selama 2 bulan ini menemani, berbagi. Ada yang akan tinggal atau mungkin ada yang akan pergi, setidaknya menuju agency yang memanggil dan membutuhkan kami. Ada harga yang harus dibayar jika kami berada pada agency kompetitor yaitu tidak akan ada lagi kebersamaan yang saat ini menghiasi ruangan kelas.

1 bulan lagi,
sang kuda dan rusa akan menjalani perannya masing-masing, dipisahkan kabut dan angin semilir.

Friday, May 25, 2012

GRP? Apakah itu?


Masih nyambung dengan postingan Rating, Definisi..., 
kali ini cacingrating2 bakal lanjut ke pemahaman kita mengenai GRP. (wow, apa pula itu?)

GRP merupakan singkatan dari Gross Rating Point.
Kalo di-Indonesia-kan, definisi GRP adalah Jumlah dari semua rating yang didapat dalam suatu masa kampanye iklan.

Bingung ga? Jika kata AJAY, salah satu trainer MMT Batch 2 GroupM, kalo kita paham mengenai konsep GRP, kita harus bisa menjelaskannya ke Kakek kita. Tentu kita harus bisa menjelaskan itu dalam bahasa yang paling sederhana.

Jadi dalam bahasa sederhananya GRP adalah dalam berapa banyak iklan kita tertonton dalam suatu masa pengiklanan suatu produk, baik itu ditonton sekali oleh pemirsa TV, atau ditonton berkali-kali.
 
Apakah sudah sederhana menurut teman-teman? Mungkin saja kalian punya penjelasan yang lebih gampang. Atau teman-teman dari MMT Batch 2 GroupM ingin menambahkan?? siapa tahu.......


AYO SHARING KE KITA.....


salam bahagia selalu

Thursday, May 24, 2012

Tak Kerasa


Ya.. Tak kerasa sudah hampir satu bulan blog cacingrating2 terbentuk.. Sudah banyak postingan blog yang kami buat, dari cerita tentang kehidupan penghuni kelas MMT Batch 2 GroupM, sharing materi kelas dari berbagai divisi seperti planning, investment, media digital, digital GroupM Interaction Indonesia, hingga puisi-puisi terkait media.

Tak terasa juga komentar teman-teman pengunjung cacingrating2 mengisi blog ini dan cukup banyak memberikan masukan tentang postingan yang kami buat.


Terlintas dari pikiran seorang admin untuk bertanya kepada teman-teman pengunjung, "posting manakah yang paling kalian sukai?" dan "apa yang kalian harapkan dari blog cacingrating2 ini kedepannya?". Atau komentar apapun yang ingin teman-teman utarakan kepada cacingrating2 dapat kalian tuliskan pada komentar box dibawah ini.. :)

Happy Birthday MEC! :)



Baru-baru ini, kantor GroupM sedang ramai-ramainya merayakan hari jadinya MEC yang ke-10.. Banyak klien dan media yang diundang ke dalam acara kecil-kecilan namun meriah ini. Gedung Tempo Scan tower lantai 23 ini pun dipenuhi oleh makanan-makanan dan pastinya kue ulang tahun MEC yang besar sekali.

Dalam kesempatan kali ini, seluruh admin cacingrating2 dan penghuni kelas MMT Batch 2 GroupM mengucapkan selamat hari jadi yang ke-10 untuk MEC dan sukses terus untuk MEC dalam setiap langkah dan kampanyenya..  

Tuesday, May 22, 2012

GroupM Interaction Indonesia

GroupM Interaction Indonesia memiliki personel khusus yang menangani bidang-bidang tertentu. Mereka merupakan orang yang terpilih di dalamnya dan dipersiapkan untuk mempunyai keahlian yang spesifik.

Di dalam GroupM Interaction Indonesia sendiri dikepalai oleh Pak Amin Azman, yang telah beberapa kali masuk sebagai trainer di kelas MMT Batch 2 GroupM. Di salah satu kelasnya, Pak Amin Azman sempat memperkenalkan tim-tim yang tergabung dalam GroupM Interaction Indonesia, diantaranya Mbak Ferry (penulis konten bidang fashion and beauty), Mas Kikid (penulis konten sport and technology), Mas Zein (programmer), Mbak Vivin (Search Engine Marketing), Ka Jonathan (Social Media, admin @anjingombal), Mas Aulia dan Mas Anas (Search Engine Optimalization), Mas Robin (Effective Measure), dan beberapa orang lainnya yang tergabung di dalam tim GroupM Interaction Indonesia.

Beberapa diantara tim GroupM Interaction Indonesia sudah memberikan sharing di kelas MMT Batch 2 GroupM dan teman-teman penghuni kelas pun sangat antusias mengikuti kelas yang telah dibawakan. Selain itu, tugas yang diberikan juga dikerjakan dengan sangat antusias dan bersemangat, salah satunya yang dapat dilihat adalah pembuatan dan me-maintain blog cacingrating2 dalam SEO untuk keyword google MMT Batch 2 GroupM dan GroupM Interaction Indonesia .. :)

Sunday, May 20, 2012

Burn Our Spirit

MT .. MT .. Batch 2 !
We are MT Batch 2 !
They call us hot
They call us sexy
Inovative and creative
We are GroupM
We are GroupM !!

inilah salah satu yel-yel yang kami lakukan setiap kali memulai kelas..
Yel-yel ini dimaksudkan agar kami bersemangat untuk memulai kelas, baik pagi maupun siang hari..
Terbukti setelah yel-yel dilakukan, kami dapat lebih bersemangat karena trainer pun dengan semangat membawakan materi pada kelas MMT batch 2 GroupM.. :)

Penghuni MMT batch 2 GroupM

Kali ini cacingrating2 ingin berbagi info sekilas tentang penghuni kelas MMT Batch 2 GroupM yang menamakan diri mereka Maestro. Berikut beberapa penilaian kecil mengenai mereka.. Yuk intip! Ohya karena jumlah penghuni nya cukup banyak, kali ini cacingrating2 mencoba membahas beberapa orang terlebih dahulu yah.. :)


Ketua kelas pertama kita yaitu M. Hyqal Kevinsky yang merupakan salah satu admin sekaligus ketua kelompok dari cacingrating2. Jika pengunjung cacingrating2 pernah melihat postingan kita yang berbau puisi, nah.. Hyqal ini ahlinya.. :)

Adalagi nih seorang story teller yang suka menulis seperti Hyqal. Kesukaannya menggambar anime dan membaca komik. Farikha Azizia juga mempunyai ketertarikan pada seni fotografi, sewaktu kuliah Fika (nama panggilannya) juga tergabung dalam sebuah club pers mahasiswa yang bernama FISIPERS UI.

Nah yang satu ini, juga penulis nih, namanya Michael Aga Jati Dayasmara. Dikelas MMT batch 2 GroupM, mas Jati ini adalah yang paling mempunyai banyak pengalaman karena telah memakan asam garam lebih lama dari pada yang lainnya. Mas jati juga sudah memiliki banyak pengalaman kerja yang cukup banyak dan telah memperoleh gelar sarjana S2 nya baru-baru ini.

Ada lagi nih penulis yang tak kalah cantiknya, Oxyana Sara Virgizma, berbeda dengan lainnya, Oxy atau Ka Oci (begitu panggilannya di kelas) lebih suka menulis tentang kesukaannya terhadap dunia anak-anak melalui cerpennya. Ka Oci juga pernah mendapatkan juara lomba cerpen di kampusnya lho..:)

Ngomong-ngomong soal kecintaan terhadap anak-anak, ada lagi nih gadis bertubuh imut dan suka menyebarkan aura positifnya di kelas, Annisa Ayuningtyas Syahzupri. Shasa (nama panggilannya) memiliki jiwa seorang dreamer tetapi juga full of ideas.

Selain shasa, ada juga gadis lincah yang hobi menyanyi dan menari, Diana Patricia. Di kelas ia dikenal suka melakukan shuffling ketika istirahat atau kelas kosong. Tapi jangan salah, kecil-kecil gini Diana termasuk salah satu anggota Komdance 2008 (hmm..apa ya itu Komdance). 

Berbeda dengan teman-teman sebelumnya, Aris Wibowo tidak terlalu menyukai kegiatan yang terlalu aktif, tetapi Aris diam-diam menghanyutkan, lihat saja lulusan Teknik material ITB ini diam-diam juga jago bermain ping-pong. 

Sama seperti Aris, Rofi yang mempunyai nama lengkap, Rofi Yudisthira, juga sering bermain ping-pong sewaktu semasa kuliah dulu. Mirip dengan Aris yang diam-diam menghanyutkan, Rofi yang sering terlihat diam di kelas, selama kelas berlangsung Rofi sering terlihat aktif mengangkat tangannya untuk memenuhi rasa ingin tahunya terhadap materi yang diberikan.

Ada juga nih yang diam-diam menghanyutkan lagi namanya Lanjar Sidik Permadi. Anak-anak sering memanggilnya Dewa Lanjar karena kelebihan yang dimilikinya dan patut dipuja seperti dewa hehehe.. Walaupun sering diisengi oleh kawan-kawannya, Lanjar tak gampang marah dan memiliki ekspresi yang membuat orang selalu ingin bercanda dengannya.

Nah, yang satu ini nih biangnya, Mohammad Philby atau Philby yang sering sekali melakukan keisengannya di kelas. Dengan tatapan datarnya, Philby melancarkan aksi isengnya terhadap teman-teman dikelas. Tapi jangan salah, Philby diam-diam memiliki sebuah usaha kecil-kecilan yaitu berjualan aksesoris yang dijalankan bersama kekasihnya saat ini.

Selain Philby, ada beberapa penghuni lain yang mempunyai jiwa seorang wirausahawan, seperti Melissa Dharmawan. Selama kuliah, Melissa pernah membuka usaha online shop bersama teman-temannya dan sekarang tak jarang Melissa terlihat berjualan jegging andalannya dari mulut ke mulut.

Hmmm.. sekian dulu deh cerita tentang penghuni kelas MMT Batch 2 GroupM.. :)
Mungkin jika ada pengunjung cacingrating2 yang kenal dekat dengan beberapa orang yang telah disebutkan tadi, bisa menambahkan cerita tentang sosok mereka dimata kalian.. ehehe.. Yokmare!

Saturday, May 19, 2012

Cara Menghitung Rating radio

Masih seputar radio nih teman-teman, kali ini kelas MMT Batch 2 GroupM kedatangan tamu langsung dari lembaga Nielsen untuk menjelaskan tentang bagaimana cara Nielsen menghitung rating pada media radio. Untuk itu, pada kesempatan kali ini, cacingrating2 ingin memberikan sedikit apa yang telah didapatnya selama sesi tersebut.

Ternyata berbeda dengan TV yang diukur menggunakan people meter, radio di Indonesia masih diukur melalui sebuah catatan harian atau diary. Total responden yang dalam sekali penelitian berjumlah 8000 responden  yang tersebar di 9 kota besar dan respondennya pun selalu berubah.

Nielsen melakukan pemetaan terhadap daerah yang ingin dijadikan populasi penelitian, setelah itu mereka akan mendatangi orang-orang (diatas umur 10 tahun) dari satu rumah ke rumah lain untuk diberikan pengertian tentang bagaimana cara mengisi diary tersebut.

Nielsen pun harus menemui dan memberikan penjelasan secara langsung kepada si calon responden mereka, setelah diberikan penjelasan yang jelas bagaimana mengisi diary tersebut, responden pun juga dibekali sebuah stiker yang berisi nama-nama radio dengan salurannya dan sebuah stiker kosong apabila mereka tidak menemukan nama radio yang sedang mereka dengarkan pada stiker tersebut. selain itu, responden juga dibekali penggaris dan bolpen untuk memudahkan pengisian diary.
MMT Batch 2 GroupM
GroupM Interaction Indonesia