Kali
ini cacingrating ingin berbagi sebuah istilah yang mungkin baru untuk semuanya tetapi
sangat mendasar sekali dalam membuat sebuah planning media, iklan ataupun
kampanye.
Salah satu trainer MMT Batch 2 GroupM yaitu Rachelle, ketika sedang berbagi sesi tentang planning dan bertanya apa
yang dimaksud dengan insight kepada MMT.
Istilah
insight mungkin banyak dan sering didengar, tetapi ternyata beberapa orang yang
menggunakan istilah tersebut belum dapat secara tepat menjelaskan definisi insight itu sendiri.
Rachelle
pun menformulakan apa yang dimaksud dengan insight dengan ::
DEEP CONSUMER TRUTH + TENSION “BUT”.
Insight merupakan sebuah kebenaran yang ada pada konsumen dan di dalamnya ada
penekanan suatu masalah yang consumer
hadapi dan belum terselesaikan.
http://www.nourition.com/wp-content/ uploads/2010/11/family-eating.jpg |
Jika
disebutkan:
“Setiap Ibu rumah tangga ingin
memasak makanan seenak masakan restoran”
maka ini bukan insight, pernyataan tersebut
hanyalah keinginan. Tetapi jika pernyataan tersebut diubah menjadi:
“Setiap Ibu rumah tangga ingin
memasak makanan seenak masakan restoran, tetapi tidak semua ibu rumah tangga
bisa memasak dengan enak”.
Dapat
kita lihat bahwa memang setiap ibu rumah tangga pasti ingin memberikan yang
terbaik untuk keluarganya salah satunya
ialah dengan menghidangkan masakan seenak masakan restoran, tetapi kebenarannya
tidak semua ibu rumah tangga bisa memasak masakan seenak masakan restoran, maka
di dalam insight tersebut terdapat suatu masalah yang diselesaikan dan produk X
menawarkan solusi dari masalah tersebut.
Insight
digunakan oleh suatu brand dalam membuat suatu planning. Insight berasal dari
kebenaran yang ada di konsumen agar konsumen merasa dekat dengan produk yang
ditawarkan karena sesuai dengan masalah yang dihadapi konsumen. Selain itu,
produk dengan mudah menjawab masalah konsumen dengan menawarkan solusi yang
ditawarkan oleh suatu produk.
Semoga sharing mengenai definisi insigt dan contoh yang diberikan dapat memberikan pelajaran
baru bagi kita semua, dan pastinya cacingrating terbuka untuk setiap masukan atau koreksi terkait post
ini..
GroupM Interaction Indonesia
GroupM Interaction Indonesia
9 comments:
hmm.. post ny menarik :)
Waahh trima kasiih... :3
Bisa di share ke teman2 nya klo misalnya post ini menarik.. :D
Post yang bagus! Jadi cara paling bagus buat menarik perhatian konsumen adalah menekankan masalah dan menawarkan solusi, kalau begini konsumen pasti akan merasa diperhatikan dan suka dengan produknya :D
Wuih... Bgus... Cukup brmanfaat
Iya bagus dan berguna nih buat planning produk.. Thanks ya Cacing Rating..
Masama agan anonymous! :)
Thank's infonya cing, jadi lbh tau gue
Thanks infonya.
Keren Infonya..kalo mau insight tentang brand ini gimana?
http://buatkaosjoevento.blogspot.co.id/
Post a Comment