Berdasarkan
data yang menarik, kali ini cacingrating dalam MMT Batch 2 GroupM mencoba mengulas kembali sesi Mobile
Solution yang telah dibawakan oleh Pak Amin Azman. Dalam sesi ini, Pak Amin
mengatakan perilaku konsumen berubah sangat pesat, seperti penggunaan mobile
yang sangat besar dimana orang-orang sangat mudah menggunakan mobile phone
dengan versi mobile web, penggunaan smart phone yang semakin meningkat atau
munculnya teknologi yang menunjang seperti gadget yang mudah dibawa seperti
tablet.
Berikut
cacingrating mencoba mengulas kembali apa yang telah disampaikan selama sesi
MMT batch 2 GroupM mengenai keuntungan dari mobile untuk pemasaran dan iklan.
-
Personalized and unique
Mobile merupakan suatu barang
pribadi yang menjadi bagian dari diri pemakainya. Setiap pengguna mobile
memiliki perilaku yang berbeda-beda dalam penggunaan mobile mereka
masing-masing, seperti setiap orang memiliki perilaku yang berbeda dalam tujuan
pertama mereka ketika mereka mengetikkan address web yang akan mereka tuju.
-
Higher share of voice
Dengan mobile device, segala macam informasi bisa lebih mudah dan lebih banyak tersebarkan. Kenapa demikian? Karena yang memiliki mobile device saat ini banyak sekali dan bermacam-macam.(satu orang bisa memiliki lebih dari 1 mobile gadget pintar).
- Specific Location
Setiap mobile memiliki alat
pendeteksi keberadaan mereka. Hal ini sudah dibuktikan dengan pendeteksian
lokasi persembunyian seorang buronan melalui mobile yang dimilikinya, seperti
pengguna melakukan kegiatan panggilan dan pemerintah memanfaatkannya untuk
mendeteksi lokasi tersebut.
-
Interactive
Mobile dikatakan interactive
karena mobile dapat melakukan apa yang telah dapat dilakukan oleh 6 media
sebelumnya (TV, Koran, Majalah, Radio, Outdoor, Cinema), termasuk dengan interaktivitas dan pencarian
dalam internet.
-
High response
Respon yang didapat dari konsumer akan lebih tinggi karena ditangan mereka ada mobile gadget yang bisa setiap saat digunakan untuk merespon apapun informasi yang datang melaluinya, termasuk juga didalamnya info mengenai pemasaran atau advertising suatu produk.
-
Payment mechanism
Dalam mobile pun kita dapat
melakukan transaksi pembelian ataupun melakukan transaksi transfer pembayaran
dengan cara yang mudah dan cepat. Hal ini dapat dimanfaatkan untuk memasarkan produk keuangan misal dengan membuat aplikasi perbankan untuk gadget pintar, atau juga bisa digunakan untuk mobile banking untuk semua jenis ponsel.
-
Consumer behavior data
Penggunaan mobile gadget akan semakin memperbesar tingkat penggunaan internet oleh consumer sehingga akan semakin banyak data mengenai consumer behavior yang didapat. Selain itu, Seorang consumer dalam pemakaian gadget pintar untuk kebutuhan internet, pasti akan meninggalkan Cookies di setiap site yang dikunjunginya. Jika hal tersebut disadari, hal ini bisa juga menjadi salah satu keuntungan yang bisa digunakan untuk marketing dan advertising.
GroupM Interaction Indonesia
7 comments:
sebagai tambahan yang kelupaan mobility itu berarti setiap konsumen membawa advertising nya kemana-mana
Makasii mas anas masukannya... :)
Itu masuk ke poin baru atau gmn mas?
Setuju. Tapi seiring berkembangnya advertising di smart phone kerap mengganggu usernya, bahkan ada yg sengaja bayar aplikasi yg bebas advertising. Kita orang iklan harus makin pintar menaruh iklan yg keliatannya bukan iklan, seperti aplikasi games atau augmented reality mungkin. :)
advertising di internet sesuai harganya, murah dan masih terbatas kalangan tertentu
nice info!
Dengan adanya smart phone, sangat membantu kegiatan sehari2. Baik dalam berbisnis maupun bersosialisasi.
wah pasti agan anonymous diatas digital savvy nih..
Post a Comment