Tuesday, May 8, 2012

Definisi Insight

Kali ini cacingrating ingin berbagi sebuah istilah yang mungkin baru untuk semuanya tetapi sangat mendasar sekali dalam membuat sebuah planning media, iklan ataupun kampanye.

Salah satu trainer MMT Batch 2 GroupM yaitu Rachelle, ketika sedang berbagi sesi tentang planning dan bertanya apa yang dimaksud dengan insight kepada MMT.

Istilah insight mungkin banyak dan sering didengar, tetapi ternyata beberapa orang yang menggunakan istilah tersebut belum dapat secara tepat menjelaskan definisi insight itu sendiri.

Rachelle pun menformulakan apa yang dimaksud dengan insight dengan ::  
DEEP CONSUMER TRUTH + TENSION “BUT”.
Insight merupakan sebuah kebenaran yang ada pada konsumen dan di dalamnya ada penekanan suatu masalah yang consumer hadapi dan belum terselesaikan.

http://www.nourition.com/wp-content/
uploads/2010/11/family-eating.jpg
Jika disebutkan:
“Setiap Ibu rumah tangga ingin memasak makanan seenak masakan restoran”

maka ini bukan insight, pernyataan tersebut hanyalah keinginan. Tetapi jika pernyataan tersebut diubah menjadi:

“Setiap Ibu rumah tangga ingin memasak makanan seenak masakan restoran, tetapi tidak semua ibu rumah tangga bisa memasak dengan enak”.

Dapat kita lihat bahwa memang setiap ibu rumah tangga pasti ingin memberikan yang terbaik  untuk keluarganya salah satunya ialah dengan menghidangkan masakan seenak masakan restoran, tetapi kebenarannya tidak semua ibu rumah tangga bisa memasak masakan seenak masakan restoran, maka di dalam insight tersebut terdapat suatu masalah yang diselesaikan dan produk X menawarkan solusi dari masalah tersebut.

Insight digunakan oleh suatu brand dalam membuat suatu planning. Insight berasal dari kebenaran yang ada di konsumen agar konsumen merasa dekat dengan produk yang ditawarkan karena sesuai dengan masalah yang dihadapi konsumen. Selain itu, produk dengan mudah menjawab masalah konsumen dengan menawarkan solusi yang ditawarkan oleh suatu produk.

Semoga sharing mengenai definisi insigt dan contoh yang diberikan dapat memberikan pelajaran baru bagi kita semua, dan pastinya cacingrating terbuka untuk setiap masukan atau koreksi terkait post ini.. 
GroupM Interaction Indonesia

9 comments:

Anonymous said...

hmm.. post ny menarik :)

Shienny said...

Waahh trima kasiih... :3
Bisa di share ke teman2 nya klo misalnya post ini menarik.. :D

Wira said...

Post yang bagus! Jadi cara paling bagus buat menarik perhatian konsumen adalah menekankan masalah dan menawarkan solusi, kalau begini konsumen pasti akan merasa diperhatikan dan suka dengan produknya :D

Anonymous said...

Wuih... Bgus... Cukup brmanfaat

Anonymous said...

Iya bagus dan berguna nih buat planning produk.. Thanks ya Cacing Rating..

cacingrating2 said...

Masama agan anonymous! :)

Anonymous said...

Thank's infonya cing, jadi lbh tau gue

Mulia Elka said...

Thanks infonya.

Unknown said...

Keren Infonya..kalo mau insight tentang brand ini gimana?
http://buatkaosjoevento.blogspot.co.id/