Wednesday, May 16, 2012

Radio An Intimate Medium and Radio is Intrusive

Kali ini cacingrating2 ingin melanjutkan sharing tentang kekuatan dari radio yang sebelumnya telah diberikan. Kali ini langsung akan dibahas dua kekuatan radio sekaligus.

Radio An Intimate Medium

“On radio this is me-really me. This is how I think, this is how I talk, this is how I really am. Radio is true reflection of how you are, you can’t fake it, whereas you can on TV, because TV is fascade.”
-Chris Evans, Virgin Radio-

Pada radio, dikenal sebuah Theatre of Mind, dimana pada media radio imaginasi pendengar bermain ketika mendengarkan isi iklan dan membangun sebuah imaginasi sendiri di dalam pikirannya dari apa yang ia dengarkan, dan penggambaran imaginasi tersebut sesuai dengan karakter orang tersebut.

Hal ini bisa dimanfaatkan oleh para pembuat iklan (kreatif agensi) untuk membuat sebuah iklan radio yang menarik dengan mengandalkan theatre of mind pendengarnya untuk mengimajinasikan kondisi atau suasana yang isi iklan dan rasa keingintahuan pendengar untuk mau mendengarkan iklan tersebut hingga akhir.



Radio is Intrusive

Biasanya pendengar radio hanya memasang radio tetapi tidak sepenuhnya mendengarkan radio tersebut, apalagi jika hampir seluruh isi siaran berisi dengan infomasi-informasi seperti percakapan antara dua arah atau berita dan sebagainya. Hal tersebut dikarenakan biasanya alasan orang-orang mendengarkan radio sebagian besar berpendapat adalah untuk mendengarkan musik.

Jadi jika suatu brand ingin mengiklankan brandnya melalui media radio, disarankan dapat mengemasnya dengan unsur music dan voice agar pendengarnya tidak terlalu merasa isi atau content iklan tersebut berat ataupun membosankan.

*terbuka untuk saran, kritik, tambahan informasi mengenai post ini*
MMT Batch 2 GroupM
GroupM Interaction Indonesia

3 comments:

thecamerawoman said...

sebenernya agak bingung dengan persinggungan dengan dunia digital sekarang, di mana posisi radio sebagai media, karena saya tiap hari dengerin radio tapi streaming, online. Nah menurut admin kira-kira ini masih bisa dikatakan apakah radio online masih memiliki karakter media lama atau bagaimana? ;)

Shienny said...

wah seru nih.. min ayo min... :D

cacingrating2 said...

jadi begini kk =D

menurut pemahaman kami, dunia digital atau online itu merupakan sebuah platform media baru yang sedang berkembang.

nah, selayaknya platform, digital mengakomodasi media-media yang telah ada sebelumnya agar bisa ditemukan dan diakses dengan format digital.

Kenapa..? karena format digital menawarkan kemduahan di berbagai aspek. Contoh nya aja: kemudahan untuk penyimpanan arsip dan data, efisien dari segi budget dan reach yang dihasilkan, serta banyak lagi. keuntungan yang lain.

Karakter radio "as a radio" tentu tidak akan hilang, yang namanya radio tidak akan tiba-tiba menampilkan gambar bergerak ataupun hal-hal lain. Radio hanya bertransformasi kedalam wujud yang lebih baik dari segi user dan produksi nya.

=D begituu, semoga bisa dimengerti. kalo ada yang masih ingin di tanyakan, silahkan looo...

nb: >_< kalau ada yang memberikan pendapat berbeda, nyilahkaaann...