Thursday, May 17, 2012

Warna dalam tanda tanya

Sinar memantul masuk melalui pupil mata
Mencipta aneka bentuk dan rasa dunia
Refleksi warna menawarkan keindahan tiada tara
Di terima akal sehat manusia yang berkelana

Hari ini, selasa 15 Mei 2012, langkah ku menuju tahta dunia diringi sinar matahari yang teduh. Diatas kereta mengendarai angin, bersama puluhan pencari materi lainnya menuju singasana masing-masing. Dari atas, terlihat ratusan mobil berseliweran entah kemana. Dengan bentuk dan warna yang beraneka, seperti manik-manik yang mengalungi leher dan tangan sang ibukota. Bergeser sedikit, terlihat gedung-gedung tinggi menjulang dengan segala aktivitas didalamnya. Terlintas pemikiran, keindahan ini apakah akan terlihat sama jika hitam putih?

Batin ku menjawab tidak. Pengetahuan kita tentang warna yang membuat segala menjadi lebih indah. Merah, kuning, hijau, biru, ungu, putih, dan hitam melakukan kombinasinya sendiri sehingga menciptakan sensasi khas untuk mata kita. Warna juga yang kemudian menjadi kerativitas tanpa batas seseorang seperti di TV, baliho, lukisan, gambar, dan lain-lain.

Laptop terbuka, internet terpasang. Ku ketikkan “apa itu warna?” dimesin pencari. Hasilnya? Membingungkan. Tak pernah terpikir sebelumya bahwa warna dan segala macam keajaibannya merupakan terapan fisika sederhana yang menakjubkan.

Warna adalah spectrum tertentu yang terdapat didalam suatu cahaya sempurna (berwarna putih). Identitas suatu warna ditentukan panjang gelombang cahaya tersebut. Sebagai contoh warna biru memiliki panjang gelombang 460 nanometer.
wikipedia

Secara sederhana, warna adalah gelombang cahaya yang ditangkap oleh indra pengelihatan. Mata manusia mampu menangkap gelombang warna berkisar antara 380 - 780 nanometer. Dalam peralatan optis, warna bisa pula berarti pemahaman yang dimiliki oleh otak terhadap campuran tiga warna primer cahaya: merah, hijau, dan biru, yang digabungkan dalam komposisi tertentu. Misalnya pencampuran antara 100% persen merah, 0% hijau dan 100% biru akan menghasilkan interpretasi warna magenta
wikipedia

Kagum dan terkesima, tidak menyangka bahwa dalam denyut kreatif dan imaginatif, mengalir darah dan nafas yang ilmiah

- In creative we live, in science we trust - MMT batch 2 GroupM
GroupM Interaction Indonesia




9 comments:

-Char- said...

menurutku hitam putih dan warna bukan penentu keindahan, dan salah satu kasusnya adalah ada foto2 tertentu yang lebih bagus dibiarkan hitam putih

gimana?

Anonymous said...

color makes differences. and differences are gratefully beautiful. I am so grateful to live in so much color. keep your eyes healthy to enjoy those all.

cacingrating2 said...

tapiii, apa semua potret hidup kita akan selalu bagus jika hanya hitam putih? :D

Shienny said...

Hmm... Menarik.. :)
Stujuh sm komen mario..

Art of Physics with Creative Way said...

warna memang menarik,

tapi hitam dan putih juga sangat menarik,

coba kita tanya iseng2 sama diri sendiri, hitam dan putih itu yang termasuk warna yang mana?

coba iseng2 cari. ternyata hitam dan putih justru lebih kompleks penjabarannya dibandingkan dengan warna-warni yang lain. heheheh..

sebagian bilang "hitam itu warna. putih itu bukan" sebagian lagi bilang "putih itu warna, hitam itu bukan" hehehee..

ada yang "curious"?? :p

Shienny said...

Wauww... Ini jg menarik..
Mgkin ka andes mau berbagi lbh jauh ttg warna? :)

-Char- said...

tanpa ada maksud untuk menyinggung, pengen denger pendapat seseorang yang buta warna(ada sinonimnya ga, ya?) nih, kalo ada...

tapi lebih jauh lagi warna mmg cukup unik mengingat warna juga bisa mempengaruhi jiwa seseorang, ya...

cacingrating2 said...

:D senang nya pada mau menuangkan pendapat nya di sini..

tanpa maksud meniadakan hitam dan putih, tapi dengan adanya hijau kuning, biru dan yang lain tentu akan lebih memberi rasa dalam makna..

lagi pulaa, putih merupakan gabungan dari warna-warna lain yang mungkin lebih akrab kita sebut dengan spektrum =D

yg bikin bingung itu justru hitam. bukankah hitam berarti tidak adanya pantulan cahaya yang diterima oleh mata (sehingga benda terlihat berwarna hitam)?


gimanaa..?

Shienny said...

Iya kah? Jd hitam itu klo di spectrum warna krn gk ada pantulan? Pas gw sma jg hitam itu katanya bukan warna..