Thursday, May 3, 2012

Rating dihitung Berdasarkan Menit


Temen-temen pembaca yang sexy dan budiman (*ceilee..., biarpun  sexy tetep deh budiman), postingan ini masih nyambung dengan postingan materi sebelumnya yaitu Rating,Definisinya..

Tahu ga maksud dari judul di atas? Awalnya sih, kita, anak-anak Training MMT Batch 2 GroupM juga agak bingung dengan pernyataan itu (meskipun tidak semuanya bingung). Tetapi karena trainer tercinta kita menjelaskannya in simplest way, jadi kita mudeng dehh..

Jadi tujuan rating di hitung dari menit per menit adalah karena tidak semua orang yang lagi nonton suatu program, menonton program itu full sampai selesai, sampai kredit titlenya muncul.

 Mereka kadang ada yang nonton awalnya aja. Ada yang kadang ganti karena tidak ingin melewatkan acara di stasiun tv lainnya. Ada juga yang nonton penuh, dan lain-lain. 

Misalnya rating Program OVJ di Indonesia pada tanggal 24 April 2012 adalah 5%. 5% ini tidak melulu karena ada 10 juta dari 200 juta TV sedang digunakan untuk menonton OVJ.

Kita buat aja dalam contoh yang sederhana.
Program A berdurasi 5 menit. Total TV yang ada adalah 10 TV. TV yang digunakan untuk menonton program A ada 5 TV. Rating yang didapat bukan hanya  5/10 * 100% = 50% akan tetapi 

TV
durasi
1
2
3
4
5
1
o
o
o
o
o
2
o
o
o
o
-
3
o
o
o
-
-
4
o
o
-
-
-
5
o
-
-
-
-
6
-
-
-
-
-
7
-
-
-
-
-
8
-
-
-
-
-
9
-
-
-
-
-
10
-
-
-
-
-
Keterangan




o
: menonton


-
: tidak menonton



Berarti cara menghitung rating yang benar adalah

Durasi menonton : seluruh durasi * 100% 

15 menit : 50 menit * 100% = 30%

Jadi seperti itu penjelasan dari trainer kita. Semoga bermanfaat ya. Jangan lupa koreksinya jika salah.

SALAM BAHAGIA SELALU..
MMT Batch 2 GroupM

Related Post:  Rating, Definisi..
GroupM Interaction Indonesia

3 comments:

Anonymous said...

tabelnya awalnya agak membingungkan. mengenai durasi 1, 2, 3 s/d 5. itu maksudnya apa? tapi akhirnya bisa kumengerti juga. durasi itu maksudnya menit ke-1, ke-2, s/d ke-5. bener kan yg kumaksud?

Anonymous said...

Penjelasannya masih kurang.. Tapi overall ngerti koq maksudnya.. Thanks atas pengetahuannya.. :D

cacingrating2 said...

wah masih kurang dimana nya yah? mungkin km bisa menanyakan pertanyaan untuk melengkapkan informasi yang akan kita berikan? :))