Friday, May 11, 2012

Mobile Advantages for Marketing and Advertising

Berdasarkan data yang menarik, kali ini cacingrating dalam MMT Batch 2 GroupM mencoba mengulas kembali sesi Mobile Solution yang telah dibawakan oleh Pak Amin Azman. Dalam sesi ini, Pak Amin mengatakan perilaku konsumen berubah sangat pesat, seperti penggunaan mobile yang sangat besar dimana orang-orang sangat mudah menggunakan mobile phone dengan versi mobile web, penggunaan smart phone yang semakin meningkat atau munculnya teknologi yang menunjang seperti gadget yang mudah dibawa seperti tablet.
Berikut cacingrating mencoba mengulas kembali apa yang telah disampaikan selama sesi MMT batch 2 GroupM mengenai keuntungan dari mobile untuk pemasaran dan iklan. 

  1. Personalized and unique
Mobile merupakan suatu barang pribadi yang menjadi bagian dari diri pemakainya. Setiap pengguna mobile memiliki perilaku yang berbeda-beda dalam penggunaan mobile mereka masing-masing, seperti setiap orang memiliki perilaku yang berbeda dalam tujuan pertama mereka ketika mereka mengetikkan address web yang akan mereka tuju.



  1. Higher share of voice

    Dengan mobile device, segala macam informasi bisa lebih mudah dan lebih banyak tersebarkan. Kenapa demikian? Karena yang memiliki mobile device saat ini banyak sekali dan bermacam-macam.(satu orang bisa memiliki lebih dari 1 mobile gadget pintar).  


  1. Specific Location
Setiap mobile memiliki alat pendeteksi keberadaan mereka. Hal ini sudah dibuktikan dengan pendeteksian lokasi persembunyian seorang buronan melalui mobile yang dimilikinya, seperti pengguna melakukan kegiatan panggilan dan pemerintah memanfaatkannya untuk mendeteksi lokasi tersebut.

  1. Interactive
Mobile dikatakan interactive karena mobile dapat melakukan apa yang telah dapat dilakukan oleh 6 media sebelumnya (TV, Koran, Majalah, Radio, Outdoor, Cinema),  termasuk dengan interaktivitas dan pencarian dalam internet.

  1. High response
Respon yang didapat dari konsumer akan lebih tinggi karena ditangan mereka ada mobile gadget yang bisa setiap saat digunakan untuk merespon apapun informasi yang datang melaluinya, termasuk juga didalamnya info mengenai pemasaran atau advertising suatu produk. 

  1. Payment mechanism
Dalam mobile pun kita dapat melakukan transaksi pembelian ataupun melakukan transaksi transfer pembayaran dengan cara yang mudah dan cepat. Hal ini dapat dimanfaatkan untuk memasarkan produk keuangan misal dengan membuat aplikasi perbankan untuk gadget pintar, atau juga bisa digunakan untuk mobile banking untuk semua jenis ponsel.

  1. Consumer behavior data
Penggunaan mobile gadget akan semakin memperbesar tingkat penggunaan internet oleh consumer sehingga akan semakin banyak data mengenai consumer behavior yang didapat. Selain itu, Seorang consumer dalam pemakaian gadget pintar untuk kebutuhan internet, pasti akan meninggalkan Cookies di setiap site yang dikunjunginya. Jika hal tersebut disadari, hal ini bisa juga menjadi salah satu keuntungan yang bisa digunakan untuk marketing dan advertising.
 GroupM Interaction Indonesia

7 comments:

Gamers said...

sebagai tambahan yang kelupaan mobility itu berarti setiap konsumen membawa advertising nya kemana-mana

Shienny said...

Makasii mas anas masukannya... :)
Itu masuk ke poin baru atau gmn mas?

Senja said...

Setuju. Tapi seiring berkembangnya advertising di smart phone kerap mengganggu usernya, bahkan ada yg sengaja bayar aplikasi yg bebas advertising. Kita orang iklan harus makin pintar menaruh iklan yg keliatannya bukan iklan, seperti aplikasi games atau augmented reality mungkin. :)

Anonymous said...

advertising di internet sesuai harganya, murah dan masih terbatas kalangan tertentu

sukha said...

nice info!

Anonymous said...

Dengan adanya smart phone, sangat membantu kegiatan sehari2. Baik dalam berbisnis maupun bersosialisasi.

cacingrating2 said...

wah pasti agan anonymous diatas digital savvy nih..